Beranda » MERINTIS PELUANG USAHA DARI HOBI

MERINTIS PELUANG USAHA DARI HOBI

Hobi terhadap sesuatu bisa menjadi peluang usaha yang menghasilkan uang. Sebuah Usaha ini diawali dari hobi justru akan lebih memberikan hasil yang maksimal. Jika anda menyukai sesuatu aktivitas, misalnya saja hobi mencoba berbagai macam resep masakan, anda akan lebih serius dan memiliki pasion dalam mengerjakannya. Meski resep masakan itu cukup rumit dan memerlukan bahan-bahan yang sulit mengolahnya anda tetap gigih mencoba sampai hasilnya memuaskan. Jika sebuah bisnis dikelola dengan semangat seperti itu maka hasilnyapun bisa maksimal.

Bisnis memerlukan usaha yang gigih dan tidak kenal lelah, jika gagal tidak berhenti untuk mencoba lagi dan memperbaiki. Bisnis yang dikelola berdasarkan hobi tertentu akan lebih mendapatkan perhatian dan penanganan yang lebih besar.

Jika anda memiliki hobi tertentu dan sudah cukup expert terhadap dunia hobi yang anda senangi, tidak ada salahnya jika anda mencoba menguangkan hobi yang anda miliki tersebut. Ibarat sekali merengkuh dayung dua pulau terlampaui. Satu sisi anda bisa menyalurkan hobi di sisi lain anda memperoleh keuntungan dari bisnis dari hobi tersebut.

Ada beberapa peluang usaha yang biasa dilakukan orang karena orang tersebut memiliki hobi tertentu. Jika beberapa aktivitas tersebut sesuai dengan hobi anda, anda bisa memanfaatkannya sebagai sebuah usaha. Beberapa hobi yang bisa menjadi peluang usaha tersebut antara lain:
- Hobi Fotografi
Fotografi atau memotret banyak digemari orang baik kaum muda maupun orang tua. Hobi ini bisa disalurkan menjadi peluang usaha. Langkah sederhana anda bisa membuat sebuah studio photo mini, di rumah atau menyewa ruangan.
Promosi usaha anda bisa dilakukan dengan banyak cara, ,isalnya dengan website untuk menjaring pelanggan yang lebih luas.

- Membuat atau Menjual Kue
Jika wisata kuliner atau membuat aneka kue adalah hobi yang anda miliki, anda bisa memanfaatkan hobi ini menjadi peluang usaha. Banyak peluang usaha yang bisa dilakukan dari kue, misalnya saja produsen kue atau menjual kue.
Usaha membuat kue atau bisnis kue ini bisa dikelola dari rumah dengan biaya yang relatif rendah.

Jika anda tidak pandai membuat kue, anda bisa berperan sebagai pemasok atau supplier terlebih dahulu serta mempromosikannya melalui toko online di awal-awal bisnis dan bila grafik pertumbuhan bisnisnya telah meroket, Anda bisa membuka toko offline. Promosi dengan memanfaatkan jejaring sosial untuk mempromosikan produk adalah cara mudah dalam promosi.

- Menjahit
Bisnis fashion merupakan usaha yang sangat luas pasarannya, jika anda memiliki hobi mendesain pakaian atau menjahit pakaian, hobi inipun bisa dijadikan peluang usaha.

Saat ini bisnis melalui toko online atau butik online sangat mudah dilakukan. Jika anda memiliki keunikan produk , niscaya bisnis fashion di dunia maya akan menarik pembeli.

Selain melalui mesia online, anda bisa memasarkan bisnis fashion orang-orang terdekat dan ciptakan sistem pemasaran dari-mulut-ke-mulut yang efektif serta Ikuti selalu perkembangan mode yang paling mutakhir untuk mengembangkan produk Anda.

- Bermain Game
Hobi bermain game tak hanya bisa meredakan kepenatan tapi juga bisa mendatangkan uang. Ciptakan aplikasi permainan, baik berbasis ponsel ataupun komputer, yang mampu menarik minat khalayak. Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini relatif rendah dan bisa dikelola dari rumah sebagai pekerjaan sambilan untuk awal mulanya.

- Hobi Tanaman Hias
Hobi merawat tanaman hias yang beragam jumlanya bisa dijadikan lahan bisnis yang lumayan. Usaha tanaman hias ini bisa beragam bentuknya misalnya sewa tanaman hias, penjualan bibit tanaman hias, penjualan bunga potong , jasa desain dan pembuatan taman dan lain-lain.

Ada banyak ide-ide bisnis yang bisa dikembangkan menjadi peluang usaha yang menguntungkan dari hobi. Kuncinya anda jeli melihat semua peluang yang ada dan mau melakukannya. Bisnis yang dilakukan berdasarkan hobi biasanya memang menghasilkan hasil yang lebih maksimal. Jadi mulai sekarang gali apa yang menjadi hobi anda dan raih penghasilan dari itu.

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/bisnis-mikro/14419.html


www.ahlirobot.blogspot.com